MMTES, Perlukah pemerintah Indonesia menggunakan hal yang sama?

Multiple-measure teacher evaluation system (MMTES) adalah suatu alat evaluasi yang sangat populer di daratan Amerika untuk mengukur kemampuan kinerja guru dan menganalisa sejauh mana keefektifan guru dalam bekerja. Para pembuat kebijakan di Department Pendidikan US menggunakan ini atas dasar reliability dan validity untuk mengukur efektifitas kinerja guru. Selain itu, yang membuat MMTES sangat populer hingga sekarang karena sistem evaluasi ini mengukur bagaimana dan sejauh mana peran guru dalam peningkatan akademik siswa. Tidak hanya itu saja, penilaian kinerja praktek guru dan stakeholders yang terlibat pun sudah dalam cakupan evaluasi. 

MMTES memantau kinerja guru dengan begitu detail dan teliti sehingga apabila terjadi sebuah kekurangan yang terpantau, guru bisa memperbaikinya. Pihak administrasi sekolah pun mendapat manfaat berupa evaluasi kinerja terkait alur administrasi sekolah dan bagaimana itu mendukung pengajaran. 

Tapi penggunaan alat pengukur ini cenderung menjadi perdebatan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh MMTES, antara lain:

1. Menurut Donaldson dan Cobb (2015), sistem evaluasi yang baru ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan cenderung membebani bagi kepala sekolah,

2. Menguras energi dan waktu dengan berbagai strategi pengumpulan data observasi dan conferensi, terlebih di tahun-tahun awal dari sebuah pelaksanaan program (Derrington & Campbell, 2015) 

3. Menurut Strunk (2014) lagi kelemahan ini disebut juga berasal dari ketidakmauan dan ketidakmampuan evaluator untuk menganalisa dan menemukan guru yang berkualitas rendah 

4. Hanya berfokus pada classroom management, tidak terlalu fokus pada instructional methods (Sartain et al., 2011)

Kelebihan

1. Mampu mengajak guru dan kepala sekolah untuk berdiskusi dan meregleksikan apa yang mereka kerjakan (Strunk et al, 2014)

2. Guru mendapatkan banyak feedback untuk mengembangkan kinerja mereka (Donaldson and Cobb, 2015)

Dengan berbagai pertimbangan di atas, kita bisa melihat sejauh mana MMTES dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan guru.

Further readings:


https://educationresearchalliancenola.org/files/publications/042717-Marsh-et-al-Evaluating-Teachers-in-the-Big-Easy.pdf

Related posts

Leave a Comment