SJIF dan RJIF impact factor sebagai Metrik untuk menilai kualitas suatu jurnal, apakah bisa diandalkan?

Selain Thomson Reuters’ JCR Impact Factor, Ada juga beberapa metrik Yang digunakan berbagai macam jurnal untuk menarik perhatian para authors untuk mengirimkan tulisan ilmiah mereka, seperti The Scientific Journal Impact Factor (SJIF), Universal Impact Factor (UIF), Global Impact Factor (GIF), and Research Journal Impact Factor (RJIF ). Faktor-faktor tersebut memiliki reputasi yang berbeda-beda. Ada yang menduduki peringkat paling prestisius namun juga ada yang kurang populer.

Tapi, dari sekian banyak impact Factor yang ada apakah semuanya bisa diandalkan?

Tak bisa diragukan lagi bahwa Thomson Reuters’ JCR Impact Factor Masih menduduki peringkat pertama dalam soal metrik untuk penilaian jurnal bereputasi. JCR Impact Factor adalah salah satu yang paling populer di kalangan internasional  dan bisa diakses di sini https://mjl.clarivate.com

Menurut Dr. Manjula Wijewickrema  MLS, B.Sc melalui Researchgate, berhati-hati itu sangat penting karena beberapa metrik untuk impact factor seolah-olah menampilkan jurnal publikasi mereka relevan dengan Journal Impact Factors (JIF); dan menggunakan impact factors yang reputasinya belum populer untuk seolah-olah terkoneksi dengan JIF.